Minggu, 16 November 2014

Mengapa Pancasila Dianggap Sakti Hingga Harus Dilestarikan?

   Pendidikan Pancasila


     Topik Pembahasan : Pancasila pada hakekatnya adalah sebagai pandangan hidup bangsa dan negara. Mengapa pancasila dianggap sakti hingga harus dilestarikan?
       Jelaskan pokok-pokok pikiran pandangan Anda.
           
PENJELASAN/ PEMBAHASAN

Pancasila merupakan pandangan hidup atau bisa disebut juga way of life, maksud dari pandangan hidup disini merupakan landasan atau pedoman dalam bernegara untuk membangun bangsa Indonesia. Dalam pandangan hidup bernegara, harus mencapai semua aspek demi tercapainya cita-cita bangsa. Dalam aspek bernegara, pengaturan hak dan kewajiban, perundang-undangan, cita-cita yang ingin dituju oleh bangsa Indonesia, dan lain-lain.

Mengapa Pancasila sebegitu saktinya sehingga harus deiastarikan? Apa yang membuat pandangan hidup menjadi sebuah pondasi bagi suatu negara? Untuk itu penulis akan membahas manfaat Pancasila sebagai pandangan hidup.

Manfaat pancasila sebagai pandangan hidup:

·         Kekokohan dan tujuan. Setiap bangsa yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui jelas ke arah mana tujuan yang ingin dicapai memerlukan pandangan hidup.
·         Pemecahan masalah. Dengan pandangan hidup suatu bangsa akan memandang persoalan yang dihadapi dan menentukan cara bagaimana memecahkan persoalan.
·         Pembangunan diri. Dengan pandangan hidup suatu bangsa akan memiliki pegangan dan pedoman bagaimana memecahkan masalah politik, ekonomi, dan budaya dalam gerak maasyarakat yang makin maju dan akan membangun dirinya.

Pancasila merupakan ideologi terbuka sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman. Arti dari ideologi terbuka adalah ideologi yang dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman dan adanya dinamika secara internal.

Faktor pendorong keterbukaan ideologi Pancasila:

·         Kenyataan dalam proses pembangunan nasional dan dinamika masyarakat yang berkembang cepat.
·         Kenyataan menunjukkan bahwa bangkrutnya ideologi yang tertutup dan beku cenderung meredupkan perkembangan drinya.
·         Pengalaman sejarah politik Indonesia dimasa lampau.
·         Tekad untuk memperkukuh kesadaran akan nilai-nilai dasar Pancasila yang bersifat abadi dan hasrat mengembangkan secara kreatif dan dinamis dalam rangka mencapai tujuan nasional.

Pancasila dianggap sakti karena rancangan dasar negara yang telah dirancang oleh para pendiri bangsa terdahulu masih kokoh bertahan menjadi dasar negara setelah sekian lamanya dirumuskan oleh mereka.

Pancasila sendiri berisi:

1.      Ketuhanan Yang Maha Esa
2.      Kemanusiaan yang adil dan beradab
3.      Persatuan Indonesia
4.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5.      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Ada perbedaan pada saat pertama kali dirumuskan karena pada sila pertama yang awalnya ketuhanan yang memembahas umat islam saja, menjadi “ketuhanan yang maha esa” sehingga bersifat universal.

KESIMPULAN

Kesimpulan dari pembahasan diatas, pancasila sebagai dasar negara atau pandangan hidup untuk berbangsa dan bernegara yang telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa. Rumusan atau rancangan yang dibuat untuk meramalkan atau mempersiapkan setiap masalah yang akan dihadapi dan juga cita-cita bangsa Indonesia yang sampai saat ini masih digunakan itulah mengapa dikatakan sakti.

Selain itu juga pancasila merupakan ideologi terbuka sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman. Karena berkaca pada pengalaman politik bangsa Indonesia dimasa lampau yang pernah berganti bentuk kenegaraannya menjadi negara serikat. Itu merupakan salah satu faktor pendorong keterbukaan ideologi Pancasila.

DAFTAR PUSTAKA

Soeprapto,. “PANCASILA “SAKTI”.” http://lppkb.wordpress.com/pancasila-sakti/. Online

H. Moesadin Malik Diktat Pokok-pokok Materi Pendidikan Pancasila , Jakarta, September 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar