Senin, 10 November 2014

Congklak

Pernah denger kata congklak? Ada yang pernah memainkannya? Congklak adalah salah satu permainan tradisional di Indonesia. Permainan inipun dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Di pulau Jawa permainan ini lebih dikenal dengan nama congklak, dakon, dhakon atau dhakonan. Di Sumatera dikenal dengan nama Congkak, lalu di lampung lebih dikenal dengan nama dentuman lamban dan di Sulawesi lebih dikenal dengan nama mokaotan, maggaceleng, aggalacang dan nogarata.
                Cara bermain congklak terbilang cukup mudah. Congklak dimainkan oleh dua orang dengan menggunakan papan yang dinamakan papan congklak dan 98 (14 × 7) buah biji yang dinamakan biji congklak. papan congklak terdiri dari 16 lobang, 14 lobang kecil saling berhadapan dan 2 lobang besar di kedua sisinya. Setiap 7 lobang kecil disisi pemain dan lobang besar di sebelah kanan pemain dianggap sebagai milik sang pemain.


                Pada awal permainan, setiap lobang kecil diisi dengan 7 biji congklak. Dua orang pemain saling berhadapan dan biasanya untuk menentukan siapa yang memulai permainan ditentukan dengan suit. Pemain yang pertama mengambil biji congklak di satu lubang pada sisinya sesuai dengan keinginannya. Dan meletakkan  satu biji congklak ke sebelah kanan dan seterusnya. Bila biji congklak yang ia pegang habis di lobang yang berisi congklak, maka ia dapat mengambilnya dan melanjutkan mengisi setiap lubang. Bila biji congklak yang ia pegang habis di lubang besar miliknya, maka ia dapat melanjutkan dengan memilih lubang kecil disisinya.  Bila habis disisinya, maka ia berhenti dan mengambil seluruh biji congklak disisi berhadapan. Tetapi bila berhenti dilubang kosong disisi lawan, maka ia berhenti dan tidak mendapatkan apa-apa.


                Permainan dianggap selesai bila sudah tidak ada biji lagi yang dapat di ambil pada lubang kecil. Pemenang adalah yang mendapatkan biji terbanyak yang dikumpulkan pada lubang besar di sebelah kanan pemain. 
Sumber :
Anonim., "Congklak" http://id.wikipedia.org/wiki/Congklak. Online
Anonim., "Mengenal Congklak, Doddle Google Pada Hari Anak Nasional 2014."  http://www.rumahku.com/berita/read/mengenal-congklak-doddle-google-pada-hari-anak-nasional-2014-408661. Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar